Tentang SMAN 31 Kabupaten Tangerang

Logo SMAN 31 Kabupaten Tangerang

Logo SMAN 31 Kabupaten Tangerang

SEJARAH LAHIRNYA SMAN 31 KABUPATEN TANGERANG

Keberadaan sekolah baru setingkat Sekolah Menengah Atas merupakan sebuah kebutuhan. Hal ini dikarenakan calon siswa yang mendaftar di SMA Negeri 4 Kabupaten Tangerang sebagai sekolah satu satunya yang berada di Kecamatan Cikupa selalu membeludak melebihi jauh daya tampung yang tersedia setiap tahunnya, dimana calon siswa yang tidak terserap biasanya diserap oleh sekolah swasta namun kenyataannya di sekolah swastapun tidak terserap secara maksimal diantaranya disebabkan oleh tingginya biaya masuk sekolah swasta. Inilah salah satu alasan yang melatarbelakangi berdirinya kelas jauh dari SMA Negeri 4 Kabupaten Tangerang, sebagai cikal bakal berdirinya unit sekolah baru.

Pada awal tahun 2020, Kepala SMA Negeri 4 Kabupaten Tangerang, Drs. H. Dedy Heryadi, M.Pd., mendorong dua kepala desa yaitu desa Pasirgadung dan desa Pasirjaya. Dari kedua pimpinan desa tersebut, Kepala Desa Pasirjaya lebih awal mengajukan proposal berdirinya Unit Sekolah Baru, didukung oleh tokoh masyarakat berbagai lapisan, Camat Cikupa, Kantor Dinas Cabang Kabupaten Tangerang, dan Bupati Kabupaten Tangerang. Berikutnya mengajukan proposal berdirinya Unit Sekolah Baru ke Gubernur Banten, melalui Dinas Pendidikan Provinsi Banten. Untuk lokasi juga sudah tersedia, milik Bapak Miftahudin, MT., salah satu anggota DPRD Provinsi Banten dengan luas 8542 m2.

Pada tanggal 10 Juli 2020 Kepala SMA Negeri 4 Kabupaten Tangerang memberikan surat tugas untuk mengelola unit sekolah baru, dengan acuan awal sebagai kelas jauh dari SMA Negeri 4 Kabupaten Tangerang, kepada Drs. H. Ahmad Subarnas sebagai Ketua, Drs. H. Uji Gunawan sebagai Sekretaris, dan H. M. Sholeh, SPd. sebagai Bendahara, yang dibantu anggota: Heru Purwito, S.Pd., MM., Sumartono, S.Pd., dan Asep Oto Dasila, A.Md.  Berkat kerja keras segenap pengelola, alhamdulillah proses pembelajaran pada tahun pertama dapat berjalan dengan baik. Pada angkatan pertama ini, setidaknya terdapat tiga rombongan belajar kelas 10 dengan total 108 peserta didik yang belajar di kelas jauh SMAN 4 Kabupaten Tangerang.

Setelah menjalani proses yang tidak mudah pada tahun pertama dengan berbagai tantangan di masa pandemi Covid-19, tepat pada 19 Mei 2021, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Dr. H. Tabrani, M.Pd., telah menerbitkan Surat Ijin Operasional Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN), Sekolah Khusus Negeri (SKhN) di Lingkungan Provinsi Banten, nomor 800/149-Dindikbud/2021. Dengan keluarnya Surat Ijin Operasional ini, kelas jauh SMAN 4 Kabupaten Tangerang, resmi berubah nama menjadi SMAN 31 Kabupaten Tangerang yang berlokasi di Desa Pasirjaya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.